Monday, March 7, 2022

Jika kita sudah bisa bawa mobil manual, apakah kita akan bisa bawa semua jenis mobil?

Kalo kita bicara "semua bisa dipelajari", pengemudi mobil matic juga bisa belajar mobil manual..

Tapi kalau definisi pertanyaan adalah modal bawa elsapek manual untuk daily dan merasa bisa bawa semua jenis mobil, saya rasa tidak sesederhana itu.

Ga usah jauh-jauh, anda yang biasa bawa mobil manual terus ganti ke matic aja (CVT/konvensional) biasanya salah bawa dengan cara pindah ke N tiap kali mobil berhenti, meski hanya dibawah 1–2 menit. Dipikir kalau tahan di D itu bikin habis kopling, padahal tidak ada kopling yang bergesekan saat transmisi di tahan di D, gesekan justru terjadi saat transmisi dipindah dari N ke D.

Aisin melakukannya di transmisi AW55–50, yaitu fitur auto netral tiap kali mobil berhenti, dan hasilnya kopling maju cepat aus. Overhaul time!

@Adrianus Yoga, Kalau manual ci? Pas lampu merah lebih baik netral atau tahan kopling?

@Crithfey Idemoto, Netral.. nahan kopling = dreklaher & master kopling cepet rusak


@Namlee, Oh berarti ini di lampu merah lebih baik D yang injak rem . Terima kasih rupanya saya salah selama ini

@Crithfey Idemoto, Semakin sering gonta ganti N ke D, semakin habis koplingnya. Semakin sering nahan di D, semakin pendek usia oli maticnya. Tapi ganti oli matic gampang dan lebih murah ketimbang ganti kopling.


@David Putro, Transmisi AW55-50 itu dipakai di mobil apa om ?

@Crithfey Idemoto, paling banyak di Indonesia itu volvo S40/60/80 sampai tahun 2010an

@David Putro, Wah, Volvo S60 boros kopling maju ya. Padahal Volvo S60 itu menarik juga, modelnya elegan banget buat saya. Salah satu inceran selain W202 c240 ini heheh.

@Crithfey Idemoto, Fiturnya bisa dimatikan, tapi kita tidak tahu kebiasaan pemilik sebelumnya

@David Putro, dimatikan lewat suatu tombol atau harus ngoprek om? Berarti masih worth dicari ya S60 kalau begitu.


@vrammesthy dewangga, Saya kalo misal dibawah semenit ga bakal pindah ke N (Neutral). Tapi kalo udah tau misal traffic light lama bisa 3–5 menit udah pindah N, hand brake, pegel juga cuy kaki nahan rem 🤣 mungkin faktor usia

@Crithfey Idemoto, saya 2 menit keatas baru pindah ke N.. Tapi selama nahan di D saya handbrake, saya tidak tahan injak rem.. krn beban ke kampas rem tangan itu rendah, ibarat kyk mobil parkir di turunan saja


@Hananto Subiakto, Wah ini baru tip yg bagus Cik. Mungkin bikin post khusus buat tip2 berkendara dgn mobil matic. Apa saja yg selama ini mungkin kami anggap benar ternyata salah..

@Crithfey Idemoto, saya tidak akan membuat satu post khusus soal tips2 berkendara, karena sudah sering kejadian orang copas jawaban saya mentah mentah untuk diposting ulang ke blogspot, line today, dll. Jadi saya pasti nulis informasi yang sedikit-sedikit di setiap jawaban, sesekali pakai tautan ke jawaban lain.

No comments:

Post a Comment

Kisah Mama Ardian Beli Mobil Pertama

  Beli mobil karna kecewa!! Haha aneh bener. Terimakasih atas pertanyaanya. Buat aku keinget kenapa bisa beli mobil. Mei 2018 inget banget p...